STRATEGI BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER

STRATEGI BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER

(Identifikasi Aneka Sumber Belajar Di dalam Kelas Yang Dimanfaatkan Dan Yang Didesain, Serta Desain Dan Pemanfaatannya Untuk Murid)

Oleh

Hasanudin, S.Pd., M.Pd.

Pembelajaran ! Itulah satu kata yang sering kita dengar sejak diterbitkannya Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Namun tahukah kita hakikat sebenarnya dari pembelajaran itu ? Pada pasal 1 ayat 20 dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tersebut, dikatakan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Jadi sangat jelas bahwa dalam pembelajaran, tidak hanya terjadi transfer pengetahuan saja, namun lebih dari itu. Dalam proses pembelajaran hendaknya terdapat sumber belajar yang dapat merangsang pola pikir peserta didik sehingga pembelajaran akan menjadi lebih efektif, efisien, dan bermakna bagi siswa.

Secara tradisional, sumber belajar adalah guru dan buku paket. Padahal sumber belajar yang ada di sekolah, di rumah, dan di masyarakat sangat banyak. Sayangnya sumber belajar kita yang berlimpah-limpah tersebut belum dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Berbagai sumber belajar yang digunakan di kelas, secara umum, dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu sumber belajar yang dimanfaatkan dan sumber belajar yang didesain.

Sumber belajar di dalam kelas yang dimanfaatkan adalah sumber belajar yang memang ada di dalam kelas. Pembelajar dan pebelajar hanya tinggal memanfaatkan saja. Misalnya :

a.     Papan tulis yang berbentuk persegi panjang, Vas bunga berbentuk tabung, kotak kapur yang berbentuk kubus, lemari, dan ubin lantai, dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk mata pelajaran matematika.

b.     Kaca jendela, dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam percobaan sistem pernafasan.

c.     Tembok dan meja yang didorong dapat digunakan sebagai sumber belajar ketika membahas mengenai konsep gaya.

d.     Buku-buku yang dilempar keatas sebagai sumber belajar mengenao gravitasi.

e.     Gambar-gambar pahlawan dapat digunakan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme siswa.

f.      dan sebagainya.

Selain sumber belajar yang dimanfaatkan ada juga sumber belajar yang didesain. Sumber belajar ini adalah sumber belajar yang dirancang atau didesain oleh guru, jadi sebelumnya tidak tersedia didalam kelas. Misalnya :

a.     Koran dan majalah

b.     CD pembelajaran

c.     Televisi

d.     Alat peraga IPA dan IPS

e.     dan sebagainya.

Untuk mendesain sebuah sumber belajar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :

a.     Kesesuaian sumber belajar dengan tingkat perkembangan anak didik.

b.     Menarik perhatian siswa.

c.     Bermanfaat.

Berikut ini contoh langkah-langkah mendesain koran sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia :

a.     Menentukan tema yang akan dipelajari.

         Misalnya tema yang akan dipelajari adalah mencari akronim dan artinya.

b.     Menyeleksi koran mana saja yang pantas dibaca oleh siswa.

         Koran yang memuat berita tentang tindak kekerasan, kriminalitas, pornografi, dan sejenisnya, sebaiknya tidak diberikan kepada siswa.

c.      Memastikan bahwa koran-koran yang akan dibagikan ke siswa memuat tema yang akan dipelajari.

         Sebelum dibagikan ke siswa, pastikan terlebih dahulu bahwa koran memuat tema yang akan dipelajari, dalam hal ini, koran memuat akronim dan artinya.

Dengan menggunakan berbagai aneka sumber belajar seperti ini, diharapkan proses pendidikan yang selama ini terkesan monoton akan menjadi lebih menarik untuk siswa sehingga menjadi lebih bermakna. Satu hal yang perlu diingat bahwa proses pembelajaran pada khususnya dan proses pendidikan pada umumnya bukan hanya berisikan transfer pengetahuan saja dari guru ke siswa. Namun harus juga dapat membangkitkan dan merangsang seluruh domain anak, mulai dari kognitif, psikomotorik, sampai dengan afektifnya. Melalui pembelajaran yang berbasis aneka sumber belajar, diharapkan hal ini bisa terjadi.

Majulah Dunia Pendidikan Indonesia…!!!!!!!!!!!!!!

— Tulisan ini bisa di copy paste tetapi harus mencantumkan sumbernya (hasan3399.wordpress.com). Terima Kasih  —

About these ads
Categories: Pendidikan dan Pembelajaran

Post navigation

Komentar ditutup.

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: